Selasa, 17 September 2019

5 Kiat Memilih Sepatu Futsal yang Ideal


                          
Kasih sekumpulan cowok sebuah bola di lapangan hijau dan kemungkinan besar mereka akan main sepak bola. Begitulah tren sepak bola, hingga orang di tempat terpencil sekalipun mengerti sistem menendang sebuah bola dan menjadikan permainan mengasyikan hal yang demikian. Tapi bagi warga yang tinggal di kota-kota besar, keterbatasan lahan kadang menjadi penghambat untuk dapat bermain.

Salah satu solusi yang terlahir dari keadaan sulit ini yakni futsal, permainan sepak bola mini yang dapat dimainkan di lapangan lebih kecil dan dengan jumlah pemain yang lebih sedikit. Dijadikan pada 1930 oleh Juan Carlos Ceriani, seorang guru asal Uruguay, tujuan dari dikembangkannya permainan ini yakni untuk dapat main sepak bola di lapangan basket.



Sekarang tren futsal sudah mendunia dan tampak dari banyaknya lapangan futsal yang bermunculan di berjenis-jenis kota besar ataupun kecil. Tidak perlu lagi sulit-sulit cari lapangan bola dan banyak orang untuk dapat main sepak bola berkat versi urban hal yang demikian.

Bermacam-macam brand sepatu ternama malah melirik tren futsal, dan tidak tinggal membisu. Memperhatikan bahwa keperluan pemain futsal berbeda dengan pemain bola lapangan, bermunculan berjenis-jenis ragam sepatu futsal yang keren dengan berjenis-jenis fitur unik.



Banyaknya ragam sepatu futsal yang tersedia di pasaran kini ini tentu membikin Sobat Shopee keder atas mana yang terbaik. Pada dasarnya memilih sepatu futsal tergantung pada sistem mainnya kita di  lapangan, melainkan berikut akan dijabarkan sebagian hal yang perlu dipandang ketika memilih sepatu futsal.

1. Pahami kebutuhan posisi kau

Ketika main futsal, kau lebih memilih untuk menjadi penyerang, penjaga atau kiper? Rupanya beda posisi punya kebutuhan sepatu yang berbeda. Seorang penyerang membutuhkan sepatu yang ringan supaya gampang gocek lawan dan dilengkapi strike vamp (strike zone) untuk mencetak gol. Posisi penjaga atau back membutuhkan sepatu yang kokoh pada tempat pergelangan dan bendung kepada tendangan lawan untuk cegah cedera. Sementara seorang kiper membutuhkan sepatu dengan alas yang tak licin melainkan cukup ringan supaya tak memberatkan ketika lompat untuk menangkap bola.

2. Pertimbangkan bahan sepatu

Biasanya terdapat dua alternatif dalam memilih sepatu futsal, adalah kulit atau sintetis. Beberapa besar orang akan lebih memilih kulit sebab kekuatan tahannya dan kelenturan bahannya, melainkan lama kelamaan kulit akan melar sehingga tidak lagi ideal dikaki. Bahan sintetis akan lebih ringan dan nakal dibanding kulit, melainkan cenderung tidak selentur. Kembali mengingat skor pertama, pilih bahan sepatu layak dengan keperluan posisi yang Sobat Shopee mainkan.



3. Kenyamanan pada kaki

Tidak dapat dikesampingkan bahwa terdapat banyak sepatu futsal dengan format yang keren yang menjadi incaran banyak orang, melainkan ketika diaplikasikan tak nyaman untuk diaplikasikan ketika bermain futsal. Mengingat Sobat Shopee akan menerapkan sepatu futsal selama laga yang dapat berlangsung selama 60-90 menit, pilihlah sepatu yang juga nyaman diaplikasikan. Ingat, penampilan tidak sepenting kenyamanan.



4. Cocokkan dengan format kaki

Beda merk sepatu, beda pula format dari sepatu yang mereka. Ada sebagian merk yang mengutamakan format kaki yang panjang dan ada pula yang mengutamakan lebar dari kaki. Tak ada salahnya mencoba seluruh merk sepatu futsal yang ada untuk menemukan ukuran yang ideal. Jangan pilih sepatu futsal sebab sahabat lain memilih brand tertentu, pilih yang benar-benar sesuai dengan ukuran kaki.



5. Ventilasi untuk kaki

Ini kadang adalah unsur yang acap kali disampingkan pemain futsal. Telah pilih sepatu yang nyaman diaplikasikan, sesuai untuk posisi dimainkan, melainkan sebab tak adanya lubang ventilasi pada sepatu, kaki menjadi gerah dan keringatnya lebih banyak dari lazimnya. Seandainya Sobat Shopee tidak berkeinginan kakinya bau jempol tiap-tiap kali sesudah laga, pastikan sepatunya terdapat lubang ventilasi yang memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar